READ THIS!!!!!!

BLOG INI DI LINDUNGI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA!! MOHON UNTUK TIDAK MENGIKUTI/MENYALIN/MEMBAJAK. BOLEH BACA INI UNTUK BAHAN PERTIMBANGAN http://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_19_Tahun_2002
BE CREATIVE GUYS!! JADI ANAK NEGERI YANG BERKARYA!! DAN JANGAN BANGGA DENGAN DENGAN HASIL JIPLAKAN!thks.

Jumat, 16 September 2011

Cinta Segi 4 (bab 31)


Bab 31.
            “kenapa dok?!”, tanya Cantika penasaran.
            “mama kalian koma, detak jantung nya lemah, sepertinya dia itu kecapean”, jelas dokter Lany.
            “dok, boleh di periksa sekali lagi gak? Mama itu engga pernah kaya gini”, saut Oge.
            “baiklah!”, bales dokter Lany sambil coba periksa mama kak Morgan.
            Setelah beberapa menit. Dokter Lany geleng-geleng. “lan, kenapa?!”, tanya kak Morgan yang keliatan udah kebiasaan manggil dokter Lany dengan nama.
            “mohon maaf, mama kalian……udah engga ada. Tadi waktu pertama kali di periksa masih ada detak jantungnya, tapi sekarang udah engga ada. Dan liat, tangan mama mu udah putih, mengartikan jantung nya udah engga berjalan nyebarin darah”, jelas dokter Lany.
            “inalillahi wainalillahirojiun”, saut tarala dan 5 butir.
            “dokter boong kan?!!!”, saut Cantika yang langsung mendekat ke ranjang. Cantika ngeraba tangan mamanya itu, coba ngecheck nafas mama nya juga. Cantika geleng-geleng, jalan mundur dengan keadaan nangis. “kak, yang sabar yaa”, saut Ara sambil ngelus-ngelus pundak Cantika. Dan diikutin yang lain.
            Kak Morgan tampang sedih sama tampang biasa sama, sama-sama datar. Kak Morgan mendekat, terus ngebisikin sesuatu ke telinga mamanya yang udah engga bernyawa. Terus meluk dan cium dia. Diikutin Christy, dan Oge.
            Oge langsung hubungi semua keluarganya, terutama papanya. Cantika keliatan shock, akhirnya di bawa keluar sama tarala. Kak Morgan langsung sibuk buat pemakaman mamanya. Sisanya bantuin kak Morgan.
            Mama kak Morgan langsung di bawa ke gereja sebelah, dan langsung di doain dalam keadaan di dalam peti dan udah di kasih pakaian yang bagus. Tarala dan 5 butir Cuma bisa ngeliatin sambil berdoa, karena mereka engga ngerti proses pemakamannya. Cantika keliatan shock, tapi keliatan sedikit ikhlas.
            “ta, lo bawa slr kan?”, tanya Cantika dalam keadaan nangis.
            “bawa, kenapa tik?”, bales kak Ita.
            “gue mau foto sama nyokap, untuk terakhir kalinya”, bales Cantika. Akhrinya Cantika di foto persis di samping peti mati mamanya yang kebuka. Sedih ya, Cantika baru ngerasain kasih sayang mamanya selama 1 hari penuh, udah langsung di tinggal :(.
            Papa Cantika ternyata engga bisa dateng dari luar kota, entah saking sibuknya. Proses demi proses di laksanakan, prosesnya menurut agama. Sampai akhirnya peti mati mama Cantika udah siap di masukin ke liang lahar.
            Cantika pake kacamata item buat nutupin matanya yang memerah, kak Morgan, Oge, dan Christy juga. Tarala dan 6 butir sedikit banyak berpikir, gimana kalo sekarang lagi ada di posisi Cantika dan kak Morgan. Mungkin kak Morgan engga terlalu ya, yang paling nyesek pasti jadi Cantika. Bayangin sendiri yah wkwk-_-.
            Detik-detik peti masuk ke dalam tanah, itu yang paling menyedihkan. Udah engga bisa ngeliat muka orang yang ada di dalem situ, kan engga lucu ya kalo kangen bongkar kuburannya dulu-_-. Sampai selesai kuburan di tutup, dan udah di kasih batu nisan berbentuk salip, pendeta mulai melantunkan doanya. Tapi tarala dan 5 butir mundur karena beda doa.
            Setelah pelayat bubar, tinggal Cantika yang masih berlutut di samping batu nisan mamanya. “ma, mama kenapa udah pergi? Mama tau kan aku baru kemarin ngerasain milikin mama sepenuhnya. Sepenuhnya sebagai anak kesayangan. Dari kecil aku engga pernah dapet pelukan dan ciuman mama, dan kemarin aku baru mendapatkan itu. dan kemarin juga adalah kecupan dan pelukan hangat pertama dan……terakhir dari mama :’(“, Cantika mulai nangis kejer lagi.
            Tarala yang ngeliat dan ngedenger itu langsung nangis berjamaah. “dek, udah kan? Pulang yuk”, ajak kak Morgan.
            “engga kak, aku mau nemenin mama”, bales Cantika yang keliatan udah engga ada air matanya lagi.
            “tapi…”, saut kak Morgan yang belom selesai ngomong.
            “kak, aku mau nyusul mama”, saut Cantika.
            “hush! Perjalanan hidup kamu masih panjang dek! kamu engga boleh nekat! Kamu baca kan di alkitab, bunuh diri itu dosa besar! Aku yakin mama sekarang udah di surga, dan kita bakal temuin dia nanti, ketika Tuhan udah berkehendak”, jelas kak Morgan. Puitis euy.
            Cantika diem, dia langsung berdiri, kasih senyuman kecil dan meluk kak Morgan. Dan akhirnya nurut ikut pulang. Sampai rumah langsung ngumpul di ruang tengah, tanpa obral-obrol.
            “kak, kita ikutan sedih juga kak. pokoknya banyak-banyak berdoa ya kak buat mama kakak”, saut Dicky yang entah maksutnya ngomong ke Oge, Cantika, atau kak Morgan.
            “iya ky, makasih banget ya”, bales Cantikan dengan senyum kecil, terus bengong lagi.
            “sebelumnya maaf nih gan, tik, Christ, ge, bukan maksut aku mengait-ngaitkan, tapi ini Cuma analisa biasa”, saut kak Rafael.
            “emang analisa kakak apa?”, tanya Bisma.
            “hm, gini. Pertama mama Morgan bisa luluh dengan cepat. Kedua, mama Morgan selalu pengen bareng sama Cantika. Ketiga, pas kita berfoto ria, dia selalu ingin di foto sama anak-anaknya. Keempat, dia maksa papa Morgan buat webcaman, sampe-sampe dia ngerasa pusing nungguin papanya buat request videocall”, jelas kak Rafael.
            “terus kak? apa kaitannya?”, tanya Ilham.
            “nah, kaitannya gini. Mama Morgan ngelakuin itu semua, buat pertemuan terakhir. Dan mungkin dia ngerasa cepat atau lambat bakal ninggalin anak-anaknya. Mungkin dia bisa engga tenang kalo belom meluk dan nyium anak yang selama ini dia abaikan. Dan dia juga engga tenang engga ada kenang-kenangan walau sekedar foto sama anak-anaknya. Dan dia juga engga tenang kalo engga sekedar webcaman sama papa Morgan untuk pertemuan terakhir”, jelas kak Rafael panjang lebar.
            “kalo di pikir-pikir bener juga kak”, saut kak Ella.
            “emang semua ada kaitannya yah”, saut Dicky.
            “tapi, yang terpenting bukan masalah sebelum mama Morgan meninggal. Tapi buat anak-anaknya yang setia ngirim doa buat dia”, saut kak Rangga.
            “makasih yah, bersyukur banget kak Morgan punya sahabat kaya kalian, sama kakak-kakak juga. Aku jadi kena imbas baiknya”, saut Cantika dengan senyum kecil terus kabur ke atas.
            Cantika udah ke atas, sebagian juga udah pada bubar ke kamar masing-masing. Sekarang tinggal tarala, Eca, Dicky, Bisma, dan Ilham.
            “ca”, saut Ara.
            “yap? Kenapa ra?”, tanya Eca.
            “hibur Cantika gih!”, saut Ara dengan sedikit taburan bumbu frustasi di mukanya.
            “maksut kamu?”, tanya Eca engga ngerti.
            “yaaa hibur Cantika ca. anggap aja Cantika itu aku, jadi seakan-akan kamu itu lagi ngehibur aku. Ayo ca! hibur dia! Mungkin saat ini Cuma kamu yang bisa hibur dia”, saut Ara sambil ngedorong Eca bangun dari tempat duduknya.
            “tapi…”, saut Eca belom selesai ngomong.
            “udah caa!! Hibur kak Cantika sekarang!!! Demi aku ca…”, saut Ara yang langsung duduk lemes. Akhirnya Eca nurutin apa kata Ara.
            “ra, kenapa kamu nyuruh Eca?”, tanya Bisma.
            “yaa, karena aku tau kak Cantika kan suka sama Eca. Mungkin dengan Eca bantu hibur, Cantika lebih cepet balik ke gairah hidup yang kemarin pas ketemu mamanya”, jelas Ara.
            “ikhlas ra?”, tanya Dicky.
            “ikhlas kok”, bales Ara dengan nada lemes. Entah apa yang ngedorong Ara buat maksa Eca ngehibur Cantika.
            “yakin?”, tanya Ilham.
            “yakin! Kalo Eca mau di ambil Cantika juga boleh, ambil aja. Selagi itu bisa balikin kak Cantika biar engga sedih. Aku pulang duluan”, saut Ara yang langsung jalan pulang.
            “ah! Kamu sih bis, pake nanya kenapa Ara kaya gitu!”, saut kak Ella.
            “yaa aku kan penasaran la-_-“, bales Bisma.
            “Ara sama Eca bubar, aku juga”, saut kak Ita.
            “maksut kamu ta?!”, tanya Ilham tiba-tiba.
            “yaaa kalo Ara sama Eca bubar kita juga. Aku engga mau Ara nanti envy ngeliat kita”, jelas kak Ita.
            “aku juga”, saut kak Ella.
            “loh? La?”, tanya Bisma.
            “iya, aku juga. Aku engga mau adek-adek aku single, aku malah enak-enakan. Biar 1 single, semua single”, jelas kak Ella.
            “aku pulang ya, nyusul Ara”, saut kak Ita.
            “ikut ta!!”, saut kak Ella yang langsung nyusul jalan keluar.
            Bisma sama Ilham keliatan lemes. “lo berdua di putusin tapi tanpa kata putus nih”, saut Dicky.
            “maksut lo?!”, tanya Ilham dan Bisma kompak.
            “iya lah! Mereka bilang bakal ikut bubar kalo Ara sama Eca juga bubar kan? Nah kalo misalkan Cantika nyaman deket Eca, otomatis Ara sama Eca bubar, dan otomatis juga kalian bubar sama Ella dan Ita”, jelas Dicky.
            “tapi…kan belom terjadi. Dan lagi pula masih dalam status”, saut Ilham yang langsung duduk nyeder. Bisma dan Ilham keliatan sama-sama lemes, mungkin karena denger perkataan kak Ella dan kak Ita tadi.
               Ara lagi duduk di pinggir jendela kamarnya sambil natap jendela kamar Bisma dkk. “dek!”, saut kak Ella. Ara tetep diem.
               “ra, galau ya?”, tanya kak Ella lagi. Ara tetep diem.
               “ngapain la?”, tanya kak Ita yang tiba-tiba dateng.
               “ini nih, kayanya adek lo galau”, bales kak Ella.
               “adek gue ya adek lo juga la-_-“, bales kak Ita sambil duduk di samping Ara. Ara lagi duduk diem sambil nunduk dengan rambut yang ngalangin sekitar mukanya.
               “ra?”, tanya kak Ita.
               Kak Ella ikutan duduk di samping Ara. “dek? galau lu ya? Salah lu juga sih main relain Eca tiba-tiba”, saut kak Ella.
               “tapi tenang ra, aku sama Ella engga bakal tega kamu single kita in relationship “, saut kak Ita. Ara tetep diem.
               “kasihku, sampai disini kisah kita jangan tangisi keadaannya, bukan karena kita berbeda. Dengarlah dengarkan lagu, lagu ini melodi rintihan hati ini, kisah kita berakhir di januari~”, saut Ara nyanyi.
               “wah, beneran galau ini anak. Masa tiba-tiba nyanyi sepotong lagu yang artinya dalem”, saut kak Ella.
               “udah kek ra, aku jadi ikutan engga enak nih”, saut kak Ita sambil coba benerin rambut Ara.
               Ara nengok, pasang tampang bingung. “sejak kapan kakak di sini deh?”, tanya Ara sambil ngelepas headphone.
               “WADEGUBRAK!!”, saut kak Ella dan kak Ita kompak.
               “jadi dari tadi kamu lagi dengerin lagu?! Kita gnomon panjang lebar kamu engga denger?!”, tanya kak Ita.
               “lahdalah, kakak di sini aja aku kaga tau-_-. Aku lagi nyanyi kaleee“, bales Ara.
               “yaallah, ini yang pea siapa sih. Elu sih ta, kaga liat apa dia lagi pake headphone?!”, saut kak Ella nyalahin kak tia.
               “idialah, yang ngajak ngomong duluan kan elu la, ya gue mah ngikut aja”, saut kak Ita.
               “idih, punya kakak sama-sama bloon-_-. Jelas-jelas headphone segede gini nemplok di kepala-_-. Eh tas slr mana kak? mau ngambil batre nih”, bales Ara.
               “yah! Masih di rumah 7 butir, aku ambil dulu deh”, saut kak Ita sambil bangun.
               “engga usah kak! biar aku aja, sekalian mau ketemu Eca bentaran”, saut Ara yang langsung jalan keluar.
               Sementara itu. Cantika lagi bengong di teras atas, Eca yang sebenernya udah dari tadi di suruh ngehibur Cantika sama Ara malah diem dan merhatiin Cantika dari dalem. Sampai akhirnya Eca mulai deketin Cantika. “kak?”.
               “yaa?”, bales Cantika dengan mata sedikit berkaca-kaca.
               “jangan sedih dong”, saut Eca yang sebenernya bingung mau ngehibur pake cara apa.
               “engga kok. Tumben kamu nyamperin aku? Di suruh Ara ya?ahaha”, bales Cantika yang udah keliatan bisa ketawa. Mungkin dia udah terbiasa engga ada mamanya yah.
               “eh! engga kok kak, yaa aku engga enak aja masa salah satu kakak aku ada yang sedih, kan engga enak ehehe”, bales Eca yang sebenernya kaget Cantika ngomong gitu-_-.
               “ahahaha makasih ya ca :)”, bales Cantika sambil ngacak-ngacak jambul Eca. Kalo Ara ngeliat bisa marah besar, karena jambul Eca adalah salah satu faforit Ara wkwk.
               Tiba-tiba suasana hening. “kenapa ca? takut ketauan Ara? Yaudah kerumahnya aja gih. Biarin aku disini”, bales Cantika yang sebenernya gnebohongin perasaannya sendiri.
               “eh engga kak. aku juga bingung di bawah mau ngapain. Mending disini, anginnya lagi sepoi-sepoi ehehe”, bales Eca yang sebenernya dilema. Pengen pergi dari teras nanti di mArahin Ara, pengen betah di sini hati dia engga enak.
               “ohaha. Eh kakak beradik tarala itu baik-baik loh. Beruntung yah kamu, Bisma, sama Ilham :) jaga baik-baik loh!”, saut Cantika.         
               “eh tunggu kak, kan engga pernah ada yang cerita pacar-pacarnya tarala kak?-_-“, tanya Eca bingung.
               “ahahha, engga mungkin kalo kalian semesra itu engga pacaran. Tenang ca, aku engga bakal ganggu lagi kok. Maaf ya yang waktu itu ehehe”, bales Cantika.
               “yang itu mana ya kak?”, tanya Eca pura-pura engga tau.
               “engga usah pura-pura kamu ahaha”, bales Cantika. Eca tersipu malu.
               “iya kak, dari awal sih emang aku respect ke Ara, walau sebelumnya aku sempet pacaran sama Ella. Eh! jadi curcol ehehe”, bales Eca cekikikan.
               “aahahha engga apa-apa. aku udah anggap kamu adek aku sendiri kok :)”, bales Cantika sambil ngerangkul Eca. Eca tegang. “tenang, aku engga bakal perjuangin kamu lagi kaya waktu itu. dan kamu jangan mikir aneh-aneh lagi ya”.
               Disini ternyata Ara lagi ngambil tas slr di meja teras deket pintu, dan otomatis ngeliat deh kejadian ini. Satu sisi ikhlas, tapi satu sisi lagi panas, satu sisi galau, tapi satu sisi lagi seneng ngeliat Cantika udah bisa senyum lagi.
               Akhirnya Ara langsung buru-buru pergi supaya engga ketauan, tapi naas, kepala dia malah nabrak pintu sampai akhirnya berdarah karena saking kencengnya. “shit!! Damn!!!!”, teriak Ara sambil megang kepalanya yang berdarah.
               “Ara?”, saut Cantika.
               “ra! Kepala kamu berdarah!!”, saut Eca yang langsung bangun. Ara langsung ngacir ke bawah.
Bersambung~

1 komentar: