READ THIS!!!!!!

BLOG INI DI LINDUNGI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA!! MOHON UNTUK TIDAK MENGIKUTI/MENYALIN/MEMBAJAK. BOLEH BACA INI UNTUK BAHAN PERTIMBANGAN http://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_19_Tahun_2002
BE CREATIVE GUYS!! JADI ANAK NEGERI YANG BERKARYA!! DAN JANGAN BANGGA DENGAN DENGAN HASIL JIPLAKAN!thks.

Selasa, 30 Oktober 2012

Ecara (bab 16)


Bab 16.
            Besoknya. “za, ayok berangkat”, bbm terkirim.
            “gue udah berangkat ra. Sorry yaaa engga bilang”, bales Reza. Yah, dengan tampang terpaksa gue turun ke bawah dengan niat mau berangkat sama bang Rohan. Tapi… dia udah berangkat, dan engga lama berselang Giffar dateng.
            “ayok gue anter”.
            “engga usah deh. Lo juga ngapain kesini pagi-pagi gini”.
            “gue kesini tiap sarapan kali. Kan di suruh nyokap lo. Ayok, lo mau telat?!”. Akhirnya gue terpaksa bareng Giffar. Sebenernya masih ada rasa kesel, tapi apa daya, gue harus lupain masalah itu. Keliatannya sih spele, tapi buat gue yang ngerasain yaa tetep aja jahat.
            Sampe di sekolah sempet nanya-nanya, Giffar siapa, apa putus sama Reza?!. Pas gue jawab itu kakak gue, kebanyakan kaget. Jam istirahat gue engga ngeliat Reza, pengen nemuin tapi males nyamperin kelasnya.
            Bel pulang gue cari, terus gue tanya ke beberapa temennya engga ada yang liat. Sampe akhirnya gue lebih milih pulang duluan bareng bang Rohan. Di rumah Reza gue bbm-in gak deliv. Di sms gadibales. Di telfon engga di angkat. Mendadak misterius ini anak-_-.
            Akhirnya gue ke rumah Reza. Pas gue sampe, malah engga ada orang. Gue malah makin penasaran-_-. Besoknya dia jemput gue, dan tiba-tiba rasa penasaran gue hilang gitu aja. Awalnya gue cari apa yang beda dari Reza karena seharian kemarin dia misterius, ternyata engga ada apa-apa. Dia tetep bersikap kayak biasa.
            “ra, ke pohon belakang yuk?”, ajak Reza. Gue ngangguk. Istirahat tapi kalo di taman belakang emang sepi.
            Pas sampe. “lo pasti mau mahat pohon-_-“, saut gue.
            “that’s right babe hahaha”, saut Reza yang langsung ngeluarin pisau lipetnya. Gue duduk di bangku sambil dengerin lagu tanpa perduli dan kepo sama apa yang Reza tulis.
            Engga lama bel masuk. “ra, masuk duluan sana. Nanti lo di marahin guru”, saut Reza.
            “ayok bareng”.
            “engga, ini tanggung. Gue mah santai. Udah sana masuk duluan”. Gue ngangguk dan ninggalin Reza.
            Bel pulang gue lait bbm, Reza bilang dia pulang duluan karena ada sesuatu. Tanpa curiga dan kepo, gue biarin aja. Pas sampe parkiran gue malah ketemu Giffar. “ngapain lo kesini?-_-“.
            “emang salah ya gue jemput adik gue sendiri?”.
            “emang siapa adek lo?”.
            “elo laah”.
            “dih, bang Rohan juga adek lo kaleee”.
            “iyaaa, tapi dia adek sepupu. Beda sama lo yang lebih dari adek sepupu, sipit”.
            “dasar jelek:b”. akhirnya panggilan sayang yang bias ague pake sama Giffar muncul lagi, setelah beberapa tahun engga pernah kesebut.
            Sampe akhirnya Giffar ngajak gue jalan, sebelumnya gue bbm Reza buat sekedar ngasih dia kabar, dan dia bilang fine fine aja. Sebenernya ini mencegah fitnah, kali-kali di jalan ada yang ngeliat gue sama Giffar, terus ngadu ke Reza.
            Pas weekend Reza bilang sih nginep di rumah temennya, dan selama itu dia engga pernah nonstop ngabarin gue. Yaa, seengganya ini normal dalam hubungan pacaran anak-anak SMA.
            Reza emang jauh di mata, tapi deket di bbm(?). beda sama Giffar yang deket di mata, tapi jauh di bbm. Gue paling males bales bbm Giffar, mending langsung aja. Pas dia main ke rumah, gue dibikin kaget karena dia bisa main gitar. Dan gue minta ajarin dia tanpa pikir gengsi atau apapun.
            Pas ngecheck bbm, banyak bbm dari Reza. Ini masih bisa di maklumin ya, seengganya gak kaya yang nelfon waktu itu. Bikin emosi. Jum’at, sabtu, minggu, Reza ngaku ke rumah temennya. Hari senin, gue samperin kelasnya, si Reza malah engga masuk. Gue mulai khawatir, takutnya dia kebawa arus yang engga baik.
            Pulang sekolah gue langsung ke rumah Reza. Rumahnya keliatan kosong, tapi pintu engga di kunci. Gue terus manggil-manggil nama Reza sambil jalan ke arah kamarnya. Pas liat di kasurnya, ternyata dia lagi tidur dan seluruh badannya di tutupin selimut.
            “za! Lo ngapain sih pake engga masuk? Kebo deh pas…”, saut gue sambil buka selimutnya. Gue pasang tampang kaget. “lo kenapa za?!”.
            Reza menggigil, dia keliatan meriang. Gue coba ngeraba muka dan tangannya. “astaga! Badan lo panas banget! Lo abis ngapain sih bisa sakit kaya gini?!”. Reza cuman menggeleng. “sebentar, gue ambilin kompres”.
            Dengan cepet gue ambil kompres, dan buru-buru ngobatin Reza. “lo kecapekan ya abis main di rumah temen lo? Emang tante Mona kemana? Kok lo sakit dia engga di rumah?”.
            “n…nyokap gue lagi nyusul bokap di kendari. Engga tau pulangnya kapan”, bales Reza dengan nada pelan dan nada meriang.
            “yaampun, udah tau sakit kenapa engga bbm gue? Kan gue bisa bantuin lo. Jangan berasa bisa segalanya dalam keadaan kaya gini deh!”, saut gue dengan nada marah tapi tetep dengan perasaan perhatian.
            Akhirnya gue seharian nemenin Reza yang sakit. Walau sebenernya bosen karena Reza sedikit susah ngomong dan katanya kepalanya pusing banget. Gue cuman bisa diem, dengerin lagu, atau nyanyi-nyanyi sendiri.
            Besoknya gue lebih milih engga sekolah daripada harus ninggalin Reza sendirian di rumah dalam keadaan sakit. Katanya, tante Mona pun engga tau kalo Reza lagi sakit. Katanya dia engga mau ngerepotin mamanya. Dia juga bilang engga mau kalo yang di Kendari terpaksa pulang karena dia.
            Gue sempet terharu, seengganya dalam keadaan kaya gini dia masih mikirin orang lain. Walaupun di rumah Reza, gue tetep belajar dari buku-bukunya Reza. Mama, bang Rohan, ataupun Bastian engga ada yang nanya keberadaan gue.
            Pas makan siang, gue lagi bikin bubur instan buat Reza, tiba-tiba ada yang ngetok pintu. Pas gue buka, ternyata Giffar. “ngapain lo kesini? Tau dari mana gue disini?!”.
            “tau dari Bastian. Kata Bastian lo disini lagi nemenin pacar lo. Jadi dibanding lo sendirian, mending sekalian gue temenin”.
            “engga perlu kali”.
            “yaudah sih, gue niat baik masa dilarang mulu. Gue bawa gitar kok, jadi engga terlalu bosen”, saut Giffar yang nyelonong masuk gitu aja.
            Dengan tampang bete gue kun ci pintu dan naik ke kamar Reza. Giffar ngintilin gue sampe ke kamar. “za, lo sakit? Cepet sembuh ya”, saut Giffar.
            Reza cuman ngangguk. Sementara gue bantuin Reza makan dan minum obat, gue denger suara Giffar yang merdu sambil main gitar. Entah kenapa… tiba-tiba ada terblesit di pikiran gue, “kalo bukan sodara sepupu, pasti udah gue pacarin”.
            Setelah selesai gue deketin Giffar yang duduk di sofa. Gue sempet curi-curi sela buat sedikit belajar dari dia. Engga kerasa tiba-tiba mahgrib. Gue aja kaget pas tau udah adzan mahgrib. Padahal tadi masih jam makan siang.
            Gue duduk di sebelah Reza. “badan lo masih panas. Besok ke dokter aja ya di anter bang Rohan?”. Reza menggeleng. Tiba-tiba telfon rumah Reza bunyi. Gue angkat dan ternyata tante Mona. Dia bilang dia udah mau pulang, berhubung mau pulang, gue bilang kalo Reza sakit, badannya panas dan meriang. Dan ternyata tante Mona mau pulang malem ini.
            “siapa yang nelfon ra?”, tanya Reza dengan nada maksa.
            “tante Mona. Dia ngabarin kalo mau pulang malem ini”.
            Reza ngangguk. “ra, sadar gak sih? Lo dari tadi ngacangin gue waktu bareng Giffar”.
            Gue diem. Gue diem karena gue ngerasa engga enak, dan nyadar akan hal itu. “lo emang asik banget sama dia ra. Sampe-sampe gue yang deket aja di lupain”.
            “bukan gitu za. Kalo lo gue lupain, pasti sekarang gue lebih milih ninggalin lo”.
            “janji ya lo gak ninggalin gue?! Gue cuman butuh lo doang kali ra…”.
            “iyaa zaaa:)”, bales gue dengan senyum seneng. Tiba-tiba Reza nyodorin pipinya. “apa?!”.
            Reza nyodorin pipinya lagi. “gak mau:]x pipi lo panas”. Tiba-tiba Reza narik tangan gue, dan terpaksa gue nyium pipinya.
            “dasarrrr!-_-“, saut gue yang gemes sama pipinya yang lumayan tembem itu. Reza cuman senyum sama sedikit ketawa. Seengganya walaupun sakit, dia masih bisa ketawa.
            Jam 10 malem. “tidur ra”, saut Reza dengan nada sedikit maksa.
            “gue kan nungguin lo tidur”.
            “udah tidur duluan. Lo kan capek ngurusin gue”, saut Reza yang sedikit narik gue buat tiduran di sebelahnya. Reza ngelus rambut gue sampe bikin gue ngantuk berat, rasanya kaya anak bayi yang lagi di kelonin ayahnya.
            Akhirnya gue ketiduran. Tiba-tiba kebangun, dan jarum jam menunjukan pukul 2 malem. Gue denger suara mobil di luar, pasti itu tante Mona sama om Fajri dari Kendari. Gue bangun dan ngebukain pintu buat mereka.
            Ternyata tante Mona sama om Fajri bukan dateng berdua, tapi rame-rame. Yaa, kaya keluarga besar gitu. “tan, Reza di atas tuh. Kayaknkya dia kecapekan”, saut gue.
            “yaudah, kamu temenin aja dulu. Dia tidur kan? Tante mau bantuin bawa barang sebentar”. Gue ngangguk terus balik ke atas. Tapi sebelumnya gue ke toilet dulu karena kalo kebangun dari tidur, pasti harus pipis hehehe.
            Gue balik ke kamar. Reza masih tidur pules. Makin ngerasa kasian gue. Gue coba pegang badannya, udah dingin. Pas ngerasa mukanya juga udah dingin. Seengganya panas Reza udah turun.
            Gue benerin posisi tidur Reza, pas gue liat jari-jari tangannya kok putih?... “za? Lo udah sembuh kan? Za! Bangun za! Melek, sebentar aja! Za! Za, bangun za!”.
            “ada apa ra?”, tanya om Fajri yang ngecheck ke kamar.
            “engga tau om, Reza kaya susah di bangunin gitu. Terus kukunya putih”.
            “dia kayaknya emang kurang darah, makanya kaya gitu. Adik om lagi bawa dokter kok, tenang aja ya”. Gue ngangguk. Engga lama kamar Reza jadi rame, karena orang-orang dewasanya ngeliat Reza di periksa.
            Dokter selesai meriksa. “kalian terlambat. Gejalanya Reza panas, terus ngerasa pusing, lalu nyawanya melayang”.
            “innalilahwainalillahirojiun!”, saut tante Mona yang nangis terus pingsan. Yang lain pun keliatan kaget.
            “dokter bercanda kan?!”, saut gue yang engga percaya.
            “ini beneran. Jari-jari Reza udah putih, dan itu menunjukan jantungnya sudah berhenti bertedak karena engga bisa mompa darah ke seluruh tubuh. Kamu boleh check nadinya. Diperkirakan Reza meninggal pukul 2 malam”.
            Gue mendekat dan coba ngecheck nadi Reza. Gue menganga, “ini engga mungkin!! Reza engga mungkin secepet ini!! Ini bohong!!!”. Saut gue yang mundur perlahan.
            Gue buru-buru ambil handphone dan nelfon bang Rohan. “bang!! Ke rumah Reza sekarang!!”, saut gue dengan nada kaget plus shock.
            “kenapa sih?! Ini kan tengah malem!”.
            “Reza meninggal kak!!”.
.           “innalillahi! Kamu serius?! Oke oke!”, saut bang Rohan yang langsung nutup telfonnya. Gue masih menganga sedikit jauh dari kasur Reza.
            Bersambung~

1 komentar:

  1. Kaaaraaaa jan gilaaaaa masa eca dimeninggalin:"""""( nangis beneran nih kak sumpaaaaaah:"""""""( pokoknya eca jgn di meninggalin plis kakkkk:""""(

    BalasHapus