READ THIS!!!!!!

BLOG INI DI LINDUNGI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA!! MOHON UNTUK TIDAK MENGIKUTI/MENYALIN/MEMBAJAK. BOLEH BACA INI UNTUK BAHAN PERTIMBANGAN http://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_19_Tahun_2002
BE CREATIVE GUYS!! JADI ANAK NEGERI YANG BERKARYA!! DAN JANGAN BANGGA DENGAN DENGAN HASIL JIPLAKAN!thks.

Rabu, 31 Oktober 2012

Ecara (bab 17)


Bab 17.
            Gue yang masih engga percaya ragu-ragu buat ngedeketin Reza. Sampe akhirnya gue duduk di sampingnya, dan bang Rohan, mama, papa, dan Bastian dateng.
            “ra!”, saut bang Rohan.
            “Reza bang! Reza udah engga ada!!!”, saut gue yang akhirnya nangis kejer.
            Bang Rohan nyoba pegang nadinya. “innalilahi. Sabar ra, sabar. Mungkin ini yang terbaik buat Reza”.
            “tapi tadi Reza masih ngobrol sama aku bang!! Reza masih bisa ngomong layaknya orang biasa. Bahkan dia yang nyuruh aku tidur duluan!!”, saut gue yang nangisnya makin menjadi-jadi.
            “udah ra, udah. Jangan di tangisin gitu”, saut bang Rohan.
            “za! Bangun za! Bangun!! Lo masih tidur kan?!! Lo tadi minta supaya gue engga ninggalin lo! Kenapa lo yang ninggalin gue duluan za!! Lo jahat sama gue!!! lo jahat za!!! Jahat!!!!”, saut gue sambil terus goyang-goyangin badan Reza yang engga mengeluarkan respon apapun.
            “udah ra, udah. Reza kayaknya mau di mandiin, di solatin, dan macem-macem. Kamu tenangin diri dulu ya”, saut bang Rohan yang bantuin gue jalan keluar.
            Gue cuman narik napas tapi tetep sesegukan. Gue masih ngerasa engga percaya. Secara Reza tadi masih ngobrol sama gue, masih bercanda sama gue, masih minta permintaan sama gue, tapi kenapa tiba-tiba kaya gini?.
            Makin menjelang subuh, banyak orang yang dateng buat yasinin Reza. Gue yasinan tapi sedikit agak jauh, karena gue takut ngeliat Reza, takut makin sedih. Sampe akhirnya Reza di kafanin. Gue makin sedih ngeliat tante Mona yang pingsan-bangun-pingsan-bangun.
            Sebelum muka Reza di kafanin, keluarga terdekat termasuk gue disuruh nyentuh atau nyium sebelum bener-bener di tutup. Ini detik-detik yang sedih buat gue. Akhirnya proses demi proses. Makin kesini gue negrasa air mata gue udah kekuras abis dan susah buat keluar lagi.
            Di TPU temen-temen sekolah pun dateng, guru-guru juga. Semuanya perhatian ke gue, karena gue engga mau ngeliat Reza yang di masukin ke liang lahar secara langsung. Tapi mereka bilang gue harus ngeliat.
            “lo harus liat ra! Ini detik-detik terakhir sebelum lo engga akan pernah nemuin Reza lagi”, saut Davina.
            Akhirnya gue maju. Secara perlahan Reza di masukin ke liang lahar, lalu di adzanin. Rasanya mau pingsan, terus pas bangun ternyata gue ada di sebelah Reza yang lagi tertidur pulas. Tapi sayang ini kenyataan.
            Tiba-tiba ada yang ngelus-ngelus kepala gue, dan ternyata dia Giffar. Gue cuman ngeliat sekali, abis itu buang muka dan tetep merhatiin Reza. Setelah di kubur, semua berdoa bersama, setelah itu satu persatu pun pulang.
            Yang tersisa tinggal gue, anak-anak sekolah, Bastian, bang Rohan, dan Giffar. Gue berlutut di samping batu nisan Reza. “ra, kita pulang yuk”, saut bang Rohan. Gue menggeleng. “lo belum makan”.
            “gue bisa pulang sendiri nanti”, saut gue datar.
            “gue balik duluan ra, lo sama anak-anak ya”, saut bang Rohan yang narik Bastian dan Giffar pulang. Tapi Bastian berlutut di samping gue.
            “kak, inget mimpi kakak pas koma?”, tanya Bastian dengan nada pelan.
            “kenapa?”.
            “mungkin maksut mimpi kakak yang Reza punya sayap terus terbang itu ini. Dan mungkin cowok yang di maksud nemenin kakak selama Reza terbang itu kak Giffar, bukan kak Fali”, saut Bastian dengan nada datar dan tiba-tiba pergi.
            Gue diem. Mungkin kata-kata Bastian bener. Tapi kenapa Giffar? Dan emang Giffar yang nemenin gue setelah Reza engga ada?. “ra, kita pulang yuk”, saut Davina.
            “lo balik duluan sana. Gue masih mau disini”, saut gue tanpa ngeliat Davina sedikitpun. Yang lain nyoba maksa gue buat pulang dan engga lama-lama disini.
            “ra, kita tunggu lo di depan ya. Tapi lo harus pulang, lo belum makan. Ini udah jam 9”, saut Davina dan beberapa anak-anak yang ninggalin gue sendiri yang cuman ditemenin batu nisannya Reza.
            “za, lo kenapa harus ninggalin gue sendiri? Atau ini karena ada Giffar? Lo kan tadi malem bilang engga mau gue tinggal, tapi kenapa lo ninggalin gue za? Yang gue inget lo maksa gue tidur semalem, lo minta gue nyium lo. Abis itu lo udah melayang-layang. Gue engga bakal takut buat ketemu lo kok za, gue tunggu lo di rumah ya. Assalamualaikum”, saut gue dengan nada pelan dan datar terus ninggalin Reza sendiri di tempat abadinya.
            Gue keluar tanpa ngeliat kanan dan kiri. “ra! Lo mau pulang kan?”, tanya Davina.
            “iya”, bales gue simple.
            “ayok bareng kita”. Gue cuman menggeleng. “ayok ra, lo engga mungkin balik sendiri kan?”.          
            “gue engga mau!”, saut gue yang jalan duluan.
            “ra! Kita perduli sama lo! Kita tau lo lagi berduka”.
            “gue engga butuh keperdulian lo semua! Gue cuman pengen Reza balik”.
            “ra, kita tau lo sedih dan engga terima di tinggal Reza. Tapi kita engga mau ngeliat lo kayak gini terus. Lo harus ikhlasin Reza. Lo engga boleh lemah”.
            “gue bukan cewek lemah yang harus di kasih perhatian lebih!”, saut gue yang langsung ninggalin Davina.
            “ra! Lo mau pergi kemana?!”.
            “gue mau pergi ke tempat dimana gue bisa ketemu sama Reza!!!”, saut gue yang langsung nyebrang jalan. Dan…
--------------------------------*****************************------------------------------------
_penulis’s POV_
            “TIARAAAAA!!!”, saut Davina yang teriak kenceng. Temen-temen yang ngeliat pun langsung buru-buru nyamperin Davina yang berlari ke arah Tiara.
            “ra!! Bangun ra!!! TOLOONG!!!”, saut Davina.
            “kenapa vin?!”.
            “Tiara kecelakaan! Tadi dia di tabrak mobil, dan mobilnya kabur! Tolong telfonin nyokap bokap sama abangnya ya!”, saut Davina yang langsung ngasih telfon Tiara ke temen-temennya.
            Engga lama Rohan pun dateng. “Tiara mana?! Langsung di bawa ke mobil!!”, saut Rohan yang panic keliat adiknya sendiri.
            Selama di jalan Davina engga berhenti nyoba nyadarin Tiara walaupun dia kena darah. Di mobil lain temen-temen Tiara pun berdoa, semoga dia engga apa-apa. Selain mama papa Tiara lagi coba buat nyusul ke rumah sakit bareng mama papanya Reza.
            Sampe di rumah sakit Tiara langsung di bawa ke UGD. Engga lama mama papa Tiara dan mama papa Reza dateng. Mereka sibuk berdoa di depan ruang UGD bareng beberapa temen Tiara.
            Sedangkan di dalem Tiara terus dicoba buat mancing tekanan jantungnya. Dokter pun keluar. “gimana dok?!”, tanya mama Tiara.
            Dokter menggeleng, “anak ibu engga selamat. Pendarahan yang parah bikin dia sulit buat diselamatkan. Kita tim dokter udah coba sekuat tenaga, tapi ini kehendak Tuhan bu, pa, adik-adik semua”.
            “innalilahiwainalillahirojiun…”, saut semuanya yang mendengar keterangan dokter.
            “astaga Tiara…”, saut Davina yang langsung nangis kejer.
            “gue udah di tinggal 2 adik kesayangan gue dalam 1 hari!! yaAllah”, saut Rohan.
            “aku di tinggal 2 kakakku sekaligus…”, saut Bastian yang nangis di pelukan papa Tiara.
            “Tiara… baru beberapa hari terakhir kita jalanin hari bareng-bareng, kenapa lo udah ninggalin gue?!”, saut Giffar yang keliatan engga bisa nangis.
            “kita sama-sama ditinggal anak kesayangan kita:’)”, saut mama Reza yang langsung meluk mamanya Tiara.
            Akhirnya proses demi proses berlangsung. Belum sempet tetangga-tetangga yang dateng ke rumah Reza pulang, mereka sekarang udah harus yasinan di rumah Tiara dan ngedoain dia.
            Mama Tiara keliatan engga terima dan terus-terusan pingsan-bangun. Sedangkan Rohan coba nenangin Bastian di kamarnya, karena Bastian masih kecil. Giffar coba yasinan bareng yang lain.
            Sampai akhirnya Tiara pun di kubur persis di sebelah kuburan Reza yang baru. Dan Tiara sama Reza pun ditinggal keluarga dan temen-temennya berdua, berdampingan, di tempat yang paling abadi.
            Besoknya ada doa bersama buat Tiara dan Reza. Bahkan Fali yang dari Brazil pun bela-belain dateng. Doa demi doa selalu di panjatkan. Dan ternyata kiriman doa engga cuman di dapet dari sekolah, tapi dari sekolah-sekolah lain pun dapet.
            Tiba-tiba temen-temen Reza ngumpulin barang-barang yang ada tulisan ‘Ecara’, kaya meja belajarnya, bangku belajar Reza. Dan mereka dan Davina pun nemuin pahatan-pahatan Reza di pohon.
Semuanya pun di abadikan, bangku dan meja yang engga akan di pakai, tapi akan di pajang, pahatan-pahatan Reza yang ada di pohon sekolah dan pohon taman perum yang didapet dari Rohan dalam bentuk foto.
Davina pun berpidato. “selamat pagi. Kemarin tepatnya tanggal 25 November 2012 kita udah kehilangan 2 temen, kakak kelas, adik kelas, dan murid guru-guru. Teman yang kita anggap sulit dipisahkan, karena mereka emang paling klop”.
“disini gue mau cerita. Gue dapet ini dari adiknya Tiara. Waktu Tiara dan Reza kecelakaan dan koma, Tiara bermimpi Reza punya sayap dan terbang, sedangkan Tiara engga punya, tapi akan nyusul Reza terbang. Bisa kita kaitkan bahwa mimpi Tiara itu, bertanda Reza pergi duluan, dan Tiara menyusul”, Davina bicara dengan nada tegas.
            Seisi sekolah, termasuk orang tua murid yang datang pun terlihat sedih dan mengangguk ngerti. “selain itu saya dapet cerita dari kakaknya Tiara, dia bilang sebelum Reza meninggal, dia minta Tiara buat engga pergi ninggalin dia dan selalu ada buat dia. Bisa kita kaitkan lagi, ini emang bertanda”.
            Semua yang denger pun pasang tampang sedih. “yang terakhir, saya liat sendiri pahatan reza yang ada di pohon belakang sekolah, tulisannya 'born together, life together, and die together'. Dan satu lagi, ini saya denger dengan kuping saya sendiri. Dan saya lihat dengan mata kepala saya sendiri. Tiara mau kita ajak pulang bareng di depan TPU, tapi dia nolak. Dia bilang dia itu bukan cewek lemah yang butuh perhatian. Waktu saya tanya dia mau pergi kemana, dia pun bilang ketempat dimana dia bisa ketemu Reza. Itupun bisa kita kaitkan dengan kepergiannya Tiara dan Reza. Ini bukan sebuah kebetulan. Tapi sebuah kehendak Tuhan yang mengizinkan kita mengenal Tiara dan Reza yang menjadi the best couple ever!”.
            “Ecara is the best. Those who taught us about the eternal friendship. We love you both!!!”, saut Davina yang langsung menunduk dan berdoa. Diikutin orang-orang yang mendengarkannya.
Selesai~


Yeaaah!!! Thanks temen-temen yang baca sampe akhir, siapa yang nangis?! Abesen sini! Hahahha.
Aku mau ngucapin buat Reza pastinya udah mau jadi tokoh walaupun awalnya engga izin. Buat Rohan yang baru muncul, buat Fali juga yang baru muncul, sama Bastian yang muncul lagi hahahha.
Aku minta maaf kalo ada kekurangan di cerita yang satu ini yaaa, mohon di maklumin. Mau quiz gak?! Seriusss?!!! Ahhahaha. Boleeeh, tapi follow twitter aku yeap! @tiarsky itu acc khusus punyaku, setelah ini aku bakal kasih tau pertanyaan dan hadiahnya hehe.
See in the next story guys!!:)

4 komentar:

  1. Kak Araaa!! Sumpah ceritanya KEREN BANGET BANGETTAAANNNN!!!!
    Sad endingnya dapet banget! *meras tissue*
    Keren banget deh kak!!!
    di tunggu karya2 keren selanjutnya :)

    BalasHapus
  2. aaa sedih banget ini ending nya ecara nya meninggal, huhu

    BalasHapus
  3. ko udah lama ga bikin cerita lagi si

    BalasHapus
  4. Maaf telat baru baca.
    Selamat yah uda bikin pembaca nangis kejer! *termasukgue* keren dah cerita-nyah best story yg pernah gue baca :')

    BalasHapus