READ THIS!!!!!!

BLOG INI DI LINDUNGI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA!! MOHON UNTUK TIDAK MENGIKUTI/MENYALIN/MEMBAJAK. BOLEH BACA INI UNTUK BAHAN PERTIMBANGAN http://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_19_Tahun_2002
BE CREATIVE GUYS!! JADI ANAK NEGERI YANG BERKARYA!! DAN JANGAN BANGGA DENGAN DENGAN HASIL JIPLAKAN!thks.

Sabtu, 13 Juli 2013

Love Story 2 (bab 35)

btw, maaf ya kalau kerangkanya beda lagi. soalnya nulis di pc hehe. enjoy!
 
 
 
 
Bab 35.

Setelah sepuluh detik. “udah ya, jangan nangis lagi”, saut Bisma sambil ngusap air mata gue. Gue ngangguk dan nyoba senyum didepan Bisma. Bisma minta gue buat nginep dirumahnya, sedangkan tantenya mau pergi nginep sama keluarganya dipuncak.
Berhubung baju gue dirumah Dicky, jadi terpaksa gue pake baju tante Bisma. Gue jadi lebih diem dari biasanya. Kemarin-kemarin aja gue udah cukup diem, gimana sekarang?.
Bisma ngajak gue makan malem di café biasa gue, Dicky, dan dia nongkrong. Rasanya gue pengen di Jakarta aja. Soalnya kalau gue balik ke Makassar, gue harus ngapain kalau ketemu Theo? Gue harus berbuat apa? Apa kabar dengan perasaan gue?.
“mbis, kamu liburan masih lama kan?”, tanya gue disela-sela makan malam.
“iya, emang kenapa?”.
    “ikut aku ke Makassar ya? Please? Seengganya kalau ada kamu, disana aku engga terlalu ngerasa sedih”.
    Bisma diem. Gue pasang tampang berharap. “iya, aku ikut kamu. Kita berangkat besok siang ya”. Gue nganguk seneng. Sampe dirumah, gue iseng-iseng main piano, engga sadar gue malah nyanyiin lagu yang dikasih sama Theo waktu itu.
    “sejak kapan kamu bisa main piano??”, tanya Bisma heran.
    “sejak kenal Theo._.”.
    “hm, diajarin toh? Ajarin aku juga dong”.
    “ah, tampang selengean kaya kamu engga pantes main piano”.
    “emang pantesnya main apa?”.
    “main hati cewek;;)”.
    “yee, engga lah. Itu mah udah lewat. Semenjak kenal kamu aku kan engga gitu lagi”.
    “yee, bohong kan? Terus dp chat waktu itu??hahaha”.
    “yah, itu mah ngelatahin kamu aja sih hahaha”. Akhirnya gue sama Bisma sibuk bercanda-canda, dan gue ngajarin dia main piano lagu yang dikasih sama Theo waktu itu.
    Besoknya Dicky nganterin baju dan bawaan gue ke rumah Bisma, abis itu dia nganterin gue sama Bisma ke bandara. Selama nunggu jam terbang, gue sama Bisma main di bandara kaya anak bocah yang engga pernah main. Lari-larian lah, main petak umpet lah, jajan mulu, sampe tuker-tukeran accessories.
    Gue lagi jongkok karena capek lari-larian. Gue megang eskrim, pas mau ngejilat eskrimnya, tangan gue sengaja didorong dan eskrimnya ngotorin muka gue. “Bismaaa!!!”, saut gue yang langsung ngejar dia.
    Dalam keadaan lari, Bisma nyanyi, “kamulah bunga dari tidurkuu~ mimpi mimpi indahkuu~ selalu tentang kamuu~~”. Gue cuman senyum ngeliat tingkahnya. Aseli, gue kangen banget masa-masa romantis kaya gini sama Bisma.
    Engga kerasa waktunya take off. Selama diatas pesawat gue sama Bisma sibuk sendiri, ya kalau engga ngobrol bercanda-canda. Sampe-sampe yang duduk di depan gue bilang, “kalian umur berapa? Keliatannya udah kuliah tapi kok bercandanya kaya anak kecil? Saya sih engga terganggu, tapi unik aja ngeliat kalian”.
    Sampe di Makassar, dijemput mama dan papa. Mama sama papa dengan senang hati nampung Bisma sementara. Baru sampe rumah gue langsung ngajak Bisma main di pinggir pantai. Bener-bener kaya anak kecil, lari-larian mulu, narsis mulu, jajan mulu, but I love this moment!.
    Besoknya, pagi-pagi gue udah ngeliat Bisma bantuin papa berkebun. Ketika jam makan siang gue ngajak dia buat nongkrong di café. Kali ini gue baru aktifin handphone, banyak chat nyangkut, terutama dari Theo. Dari sekian chat, cuman chat Alya yang gue bales. “al, lo ke café sekarang deh. Ada yang mau gue ceritain sama lo, tapi sendiri ya”.
    Setelah tigapuluh menit Alya dateng. Gue ceritain semua ke Alya. “ha?! Demi apa lo?! Kenapa Theo jahat banget?! Sumpah ya, gue pikir lo berdua saling suka”. Bisma sempet melotot, tapi abis itu buang muka. Gue pasang tampang datar. “tapi dari kemarin tuh Theo selalu bilang kalau lo itu salah paham ra. Menurut gue sih engga ada salahnya kalau misalkan lo dengerin penjelasan dia dulu, biar lo juga lega kan?”.
    Gue ngelirik ke Bisma. “kenapa? Temuin lah. Kenapa harus nanya ke aku? Biar kamu juga lega, biar luka kamu cepet sembuh. Engga ada salahnya kok”, saut Bisma.
    “kamu mau anterin aku?”.
    “siaap”, bales Bisma sambil ngedipin mata sebelah.
    “ternyata kak Bisma masih genit ya sama tiara hahaha”, saut Alya sambil ketawa. Setelah makanan habis, gue langsung jalan buat nemuin Theo, tapi bukan kerumahnya, tapi ke taman deket rumahnya.
    Pas sampe gue langsung nyoba hubungin dia, tapi ternyata dia udah ada disana. Keliatannya sih lagi murung sendirian gitu. Pas mau nyapa, dia nengok duluan. “tiara! Lo harus dengerin penjelasan gue dulu!”, saut Theo yang langsung bangun.
    “apa penjelasan lo?”, bales gue dengan nada judes.
    “lo itu salah paham. Awalnya emang gue niat ngedeketin lo karena mau bales dendam sama Bisma, tapi gue salah, gue malah bener-bener nyaman sama lo, bahkan gue sayang sama lo”.
    “ohya? Terus Astria??”.
    “gue balikan sama dia karena orang tuanya. Astria sakit, dan gue cuman nyoba bantu supaya dia semangat hidup”.
    “haha, otak sinetron lo!”.
    “gue serius! Gue minta maaf sama lo. Sekarang gue udah putus sama dia, dia udah pindah ke Spore buat berobat. Gue mohon maafin gue ya ra. Kita bisa kan balik kaya dulu lagi?”.
    “kemungkinan engga. Gue udah ada Bisma”, saut gue sambil nunjuk Bisma yang berdiri belakang Theo.
    Theo nengok. “tapi lo maafin gue ya? Sumpah, gue engga ada niat sedikit pun buat nyakitin lo!”.
    “kalau orang engga mau, jangan di paksa”, saut Bisma yang langsung berdiri disamping gue.
    “sulit yo, gue sakit hati sama lo. Cukup ya penjelasan lo, permisi”, saut gue yang langsung narik Bisma.
    “tunggu! Please maafin gue! Gue engga bisa kalau lo gantungin kaya gini?”, saut Theo sambil narik tangan gue.
    “sakit hati itu butuh waktu buat maafin orang yang udah ngegores lukanya!”, saut Bisma yang langsung narik gue balik. Sebenernya….gue sedikit bisa maafin Theo, tapi lebih banyak engga bisanya.
    Tiba-tiba Bisma berhenti karena nabrak orang. “papa??”, saut Theo. Bisma narik gue, “cepetan pulang ra!”.
    Gue terus-terusan nengok ke belakang, gue kepo sama bokapnya Theo. Gue mau liat mukanya, tapi sayang gue engga sempet. Pasti sekarang Theo seneng deh kalau bokapnya udah balik. Setelah sekian lama dia ditinggal sendiri.
    Malemnya. Gue sama Bisma santai di halaman belakang. Bisma keliatan diem. “mbis, kamu kenapa? Perasaan yang ada masalah aku, kok kamu yang murung?”.
    “ha? Haha, engga kok”, bales Bisma sambil ngasih senyum fake.
    “ra…”, saut seseorang.
    Gue nengok. “Theo? Ngapain lo kesini?!”.
    “gue engga tenang ra, gue mau minta maaf sama lo. Gue udah denger semua ceritanya dari Alya, gue tau lo juga ada perasaan kan sama gue?”, saut Theo.
    “eh jangan kegeeran lo!”, saut Bisma.
    “lo diem aja ya! Lo udah sering bikin dia nangis dulu!”, saut Theo.
    “maksud lo??”, saut gue bingung. Theo diem. “mbis, maksud Theo apa??”. Bisma menggeleng tanpa natap muka gue.
    Tiba-tiba Theo ngeluarin sebuah foto sekitar 17 tahun yang lalu. “lo inget foto ini gak? Lo sering dibikin nangis sama cowok yang baju item, dan lo selalu dibantuin sama yang baju merah”.
    “gue lupa. Tapi gue sedikit inget kok. Gue sering banget dijailin sama cowok yang baju item, tapi gue selalu dibantuin sama yang baju merah. Walaupun gue sering dijailin sama yang baju item, tapi kayaknya dulu gue sempet suka sama dia deh. Kalau engga salah itu anak-anak temennya mama sama papa, dulu mereka manggil gue ala, dan gue dulu manggil mereka………..ima dan ceyo”.
    Theo ngebalik fotonya, disitu ada tulisan. “Bisma, tiara, Theo”. Gue langsung menganga. “ja…jadi……lo semua temen gue waktu kecil?! Kok kamu engga bilang sama aku sih bis?”.
    “aku juga baru tau kalau kamu ala temenku waktu kecil-_-“, saut Bisma.
    “gue baru ngeh waktu gue nemuin foto kecil lo di binder lo yang waktu itu jatoh. Disitu gue baru sadar, lo ala yang gue suka, tapi lo malah suka sama Bisma. Maafin gue ya ra, gue masih engga tenang kalau gak ngantongin maaf dari lo”.
    Gue diem. Gue masih sedikit shock. Mungkin waktu itu gue terlalu kecil, jadi gue engga sadar. Tiba-tiba papa dan temennya dateng. “papa?”, saut Bisma.
    “papa? Itu bokap gue!”, saut Theo.
    “Bisma…”, saut temennya papa. Bisma langsung kabur masuk ke dalem. Akhirnya gue kejar, tapi dia keburu masuk kamar dan ngunci pintunya.
    “Bisma, buka dong pintunya, ini kan rumah aku-_-. Buka mbis!”, saut gue dari pintu. Bisma tetep engga mau buka pintunya.
    Akhirnya gue turun ke bawah buat cari info. Kenapa Bisma manggil bokap Theo papa, apa jangan-jangan mereka kakak adek?!. “papa… Theo mana?”.
    “mereka udah pulang tadi. Ohiya, ada yang harus papa ceritain ke kamu”, saut papa.
    “duduk nak”, saut mama.
    Gue duduk. “ada apa ma? Pa? kayaknya banyak yang engga aku tau”.
    “yang tadi itu Bima, sahabat mama sama papa. Jadi gini, dulu kita tinggal di Bandung. Waktu mama sama papa baru nikah, Bima juga nikah. Karena urusan pekerjaan, Bima sama istrinya nunda punya momongan. Waktu Bima tinggal diluar kota, istrinya engga bisa ikut karena harus ngejagain ibunya, tapi disana Bima ngalamin ‘kecelakaan’”, jelas papa.
    “kecelakaan apa pa? mobil? Motor? Atau pesawat?”.
    “bukan kecelakaan itu. Tapi kecelakaan ngehamilin perempuan lain”, saut mama. Gue menganga.
    “tanpa nikahin perempuan itu, Bima tanggung jawab sampai anaknya lahir dan dinamain Theo”, jelas papa. Gue masih menganga dan terus pasang tampang penasaran. “umur satu tahun Theo dibawa ke Bandung, dan Bima bilang sama istrinya kalau Theo anak yang dia adopsi buat mancing kehamilan istrinya. Sampai akhirnya istrinya hamil, lahiran, dan diberi nama Bisma”.
    “satu tahun kemudian kamu lahir. Kamu sering main sama Bisma dan Theo sampai kamu umur 4 tahun, Bisma 5 tahun, dan Theo 7 tahun. Mungkin kamu udah lupa karena itu termasuk masih kecil. Tapi kamu dulu sering diisengin sama Bisma, selalu nangis sama Bisma, tapi Theo selalu bantuin kamu, rela ngapain aja supaya kamu engga nangis. Tapi sayangnya keliatan dulu kamu lebih respect ke Bisma”, jelas mama.
    “te…terus??”.
    “setelah itu Theo dibawa balik ke mamanya. Bima dan mamanya Theo nikah sirih, sampai akhirnya mereka sering pindah-pindah. Awalnya Bisma dan mamanya engga tau, tapi waktu mamanya tau, dia langsung sakit-sakitan, sampai akhirnya mamanya meninggal dan Bisma jadi sangat benci sama papanya”.
    Gue ngangguk-ngangguk ngerti. “setelah itu mereka jadi makin sering pindah-pindah buat ngilangin jejak. Tapi Bima engga pernah pulang, tapi selalu ngirim uang untuk Bisma lewat tantenya. Sampai akhirnya mamanya Theo engga betah kalau terus-terusan di Indonesia dan lebih milih diluar negeri, tapi Theo tetep di Makassar sejak SMP, sampai sekarang”.
    “jadi intinya, Theo sama Bisma itu adik kakak 1 ayah kandung beda ibu”, saut mama.
    “oh.. aku ngerti. Pantesan aja aku ngeliat Theo kaya ngeliat Bisma. Tapi ma, apa Bisma sama Theo tau keberadaan kakak sama adik mereka itu?”.
    “setau mama Bisma itu tau. Bisma tau Theo anak papanya. Bisma juga dulu di didik keras sama papanya karena Bima keliatan pilih kasih. Dia lebih sayang sama Theo karena mungkin Theo anak pertama”, jelas papa.
    “sedangkan Theo, engga tau. Yang Theo tau, Bisma itu anak temennya yang dititipin ke papanya. Ya, kamu harus jaga rahasia ini, jangan sampe ada yang tau”.
    “iya ma, pa. Bisma kasian, Theo juga. Ya, sedikit banyak aku udah maafin Theo”.
    “maafin Theo? Emang kamu ada masalah apa sama dia?”. Akhirnya gue cerita. Mama sama papa engga banyak komentar, mereka cuman bilang yang penting gue harus jaga rahasia.
    “sekarang kamu hibur Bisma sana, kasian dia. Mama dari dulu sayang banget sama dia, kasian ngeliat dia ditinggal papanya, ditinggal mamanya juga. Sana”, saut mama.
    “tapi ma… kenapa mama sama papa engga ngomong dari awal kalau aku, Bisma, sama Theo sebenernya udah saling kenal dari dulu?”.
    Mama sama papa diem. “ya, sebenernya sulit buat nyeritain ini sebelum semua dipertemukan. Mama sama papa takut kalau kamu malah kepikiran dan engga bebas berteman”, saut papa.
    “yang penting kamu sekarang udah tau. Kamu udah dewasa, tau dong apa yang harus dilakuin? Tapi sekarang hibur Bisma dulu sana”, saut mama. Gue ngangguk dan langsung naik ke atas. Pas di depan pintu Bisma, tannpa ngetok pintu gue coba buat buka pintunya. Tadi dikunci, eh sekarang udah engga. Gue pikir Bisma kabur, ternyata dia masih ada, dan lagi duduk murung dijendela.
    “mbis, jangan sedih dong”, saut gue yang duduk disebelahnya. Bisma nengok sekilas, terus buang muka lagi. “aku udah tau semuanya kok, seharusnya kamu kan seneng ketemu papa kamu, terus…ketemu kakak kamu. Jadi kamu engga sendirian lagi deh._.”.
    “bukan gitu, papa itu selalu pilih kasih antara aku sama Theo. Dia itu lebih sayang sama Theo, dibandingkan aku”.
    “engga ada orang tua yang engga sayang sama anaknya mbis. Mungkin cara papa kamu beda. Kalau dia engga sayang, ngapain dia nemuin kamu”.
    “kalau aku bisa milih, lebih baik nyusul mama disurga, dari pada harus ketemu papa lagi”. Bisma keliatan matanya berkaca-kaca. Baru kali ini gue ngeliat dia nangis. Gue nyoba ngapus air matanya pake tangan gue.
    “hush! Kalau ngomong tuh dijaga. Yang sayang sama kamu banyak, jangan lupa sama Allah mbis, kamu kan yang selalu ngajarin aku buat inget sama Dia. Mama kamu, pasti dia sayang banget sama kamu di surga sana. Dan….aku juga masih sayang sama kamu kok”, bales gue dengan tampang engga enak. Sebenernya gue tengsin banget ngomong kaya gitu, gengsi.
    Bisma nengok ke gue dengan tampang bingung. Gue nyengir kuda, tapi hati degdegan. “sejak kapan kamu dewasa kaya gitu? Terus kok sekarang udah bisa nasehatin aku? Sejak kapan juga kamu berani bilang sayang langsung ke aku?....”.
    “kalau engga mau, yaudah”, saut gue sambil nyoba bangun tapi langsung ditahan sama Bisma.
    “hahaha, jangan gitu dong. Masa ngambek sih. Makasih yaaaa”, bales Bisma sambil meluk gue.
    “ish! Udah meluknya! Kalau ketauan mama sama papa gimana?!”.
    “takut banget-_-. Makasih ya, aku udah cukup lega sekarang”. Gue nyengir kuda. “tapi tetep ada satu yang aku takutin”.
    “ha? Apa lagi?”.
    “aku takut kamu diambil Theo… mungkin dengan cara papa yang maksa”. Gue diem. “aku tau, sedikit banyak pasti kamu masih ada perasaan sama Theo. Tapi…justru itu yang aku takutin. Aku takut kehilangan kamu”.
    Gue senyum ke Bisma. “aku engga kenal kamu yang penakut kaya gini loh. Aku kenal kamu pemberani, kamu suka tantangan, engga pernah nangis, engga pernah pesimis. Hm…lebih baik kamu mencintai aku dengan ketulusan, bukan karena rasa takut kehilangan”. Gue langsung bangun dan coba masuk ke dalem.
    Bisma nahan tangan gue. “mungkin keliatan aneh kalau aku yang minta duluan. Tapi……kamu mau jadi pacar aku lagi gak??”.
    Gue diem sejenak terus hela nafas panjang. Gue ngangguk sambil senyum. “serius?! Haaa! Yes!!”, saut Bisma yang langsung loncat dan meluk gue.
    “bis, udah bis. Nanti diliat mama sama papa bis…”, saut gue dengan tampang ketakutan. Bisma cuman ketawa. Setelah itu gue langsung balik lagi ke kamar. yaampun… gue udah balikan lagi sama Bisma. Harus lupain Theo, harus…
    Besoknya. pagi-pagi gue dapet chat dari Theo. “ra, kita bisa makan siang gak hari ini? Ada yang mau diomongin hehe”.
    “bisa bisaaa”.
    “ditempat biasa ya”.
    “okeey”. Gue anggap ini operasi. Karena gue ketemu Theo sama aja ngebuka luka yang engga kering-kering.
    Tanpa bilang ke Bisma, gue berangkat ke tempat yang udah ditentukan. Gue berangkat naik taxi supaya Bisma engga nyariin gue. Setelah ketemu Theo, gue obral-obrol sedikit. Gue agak tengsin aja sih, tapi lama-kelamaan mulai fine. Gue anggap aja baru pertama kali kenal sama Theo.
    “ohiya ra, gue mau nanya sesuatu sama lo. Lo ma…”, saut thoe belum selesai.
    “eh tunggu, gue mau ke toilet dulu boleh gak? Nanti di lanjut”.
    “okeokee”. Gue langsung ngacir ke toilet. Ditoilet gue bingung harus ngapain, sebenernya gue cuman ngindarin percakapan sama Theo. Dari awalannya aja udah banyak kode, gue takut kalau dia nembak gue. Gue bingung harus gimana, secara gue udah punya Bisma sekarang.
    Setelah ngerasa siap, gue keluar dari toilet. Dari jauh gue liat ada Bisma di bangku gue. Dari mana Bisma tau gue ada disini? Kenapa harus nemuin Theo?? Rasanya gue males ngeliat Bisma sama Theo dalam 1 pandangan mata di tempat yang sama dan berdekatan dan berkaitan sama gue.
Bersambung~

1 komentar: